Kamis, 06 Maret 2014

1 Yok Curhat, Belajar dari sesuatu yang baru!


Belajar dari sesuatu yang baru!


Apakah Anda masih ingat momen-momen ketika baru pertama kali bisa bersepeda? Atau saat Anda pertama kali merasakan bagaimana naik kelas, lulus sekolah, lulus kuliah ataupun mendapatkan gaji pertama? Pengalaman pertama adalah suatu hal yang istimewa. Pengalaman pertama biasanya begitu membekas di ingatan. Ternyata pengalaman pertama memang memberikan input positif bagi kehidupan kita. Lalu, apa saja kah yang akan Anda dapatkan dari semua pengalaman pertama tersebut.
1. Kepuasan
Ketika pertama kali merasakan lulus ujian, saat berhasil mengendarai sepeda, naik kelas yang lebih tinggi, memperoleh gaji pertama, kita merasakan kepuasan. Kepuasan yang dihasilkan dari berhasil melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya ternyata memiliki pengaruh yang luar biasa. Karena kita merasa puas, kita ingin mencoba lagi. Jika pertama kali kita belum terlalu mahir, kesempatan-kesempatan berikutnya kita berusaha untuk menjadi lebih baik dari yang pertama kali. Sehingga akhirnya kita menjadi mahir. Kesimpulannya, kepuasaan mendorong kita untuk maju, mendorong kita untuk mencoba lagi dengan cara yang lebih baik. Kepuasan memberi semangat bagi kita untuk selalu mengasah keterampilan & belajar.
2. Penemuan Baru
Dengan mencoba sesuatu yang baru, seringkali kita menemukan hal-hal baru. Kita menemukan mana yang bisa menyebabkan kegagalan mana yang bisa membawa keberhasilan. Contohnya ketika kita mencoba naik sepeda untuk pertama kali, biasanya kita akan jatuh. Dari kejatuhan ini lah kita belajar bagaimana lain kali agar kita tidak jatuh lagi. Motivasi inilah yang menyebabkan kita terdorong untuk mengeksplorasi cara baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya agar terhindar dari kejatuhan kedua kalinya. Jadi mencoba sesuatu yang baru akan memberikan inspirasi bagi kita untuk mendapatkan temuan-temuan baru yang bermuara pada pencarian terhadap keberhasilan.
3. Pandangan Baru
Dengan mencoba sesuatu yang baru, pandangan dan wawasan kita juga menjadi lebih terbuka. Jika pada awalnya kita hanya mengenal kota kelahiran kita semata, setelah kita pertama kali mengunjungi kota lain, ternyata kita mendapatkan pandangan baru terhadap dunia dan kehidupan ini. Disini kita bertemu dengan banyak orang-orang dari berbagai daerah lain. Di sini kita belajar bahwa, terdapat berbagai macam karakter orang, termasuk karakter yang positif. Kita bisa saling berbagi pengetahuan, dan keterampilan dengan orang-orang yang pertama kali kita temui.
4. Prestasi Baru
Dengan mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, kita tidak akan tahu bahwa kita ternyata mampu mengukir prestasi baru. Hanya dengan mencoba melakukan suatu hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, kita bisa mendorong kemampuan kita melebihi yang kita perkiraan sebelumnya. Tanpa mencoba yang lebih, kita tidak akan pernah bisa mengukur kemampuan maksimal kita.
Jadi, sudahkah Anda melakukan sesuatu yang baru hari ini? Jika belum, mengapa tidak coba sekarang? Sesuatu yang baru, membuka wawasan baru dan kemungkinan sukses baru.

1 komentar:

made gelgel mengatakan...

memang sebenarnya yang paling berkesan adalah pada saat sesaat bisa mendapatkan sesuatu, setelah mendapatkan apa yang diinginkan tersebut rasanya akan biasa saja, tapi yang namanya suatu pencapaian memang perlu pengorbanan, nice share gan, salam kenal :)

Posting Komentar